Cara Mengatasi Bootloop Semua Android

Apa itu Bootloop ?

Bootloop adalah kerusakan pada sistem android dimana tidak bisa melakukan start-up atau aktif ke menu home. Biasanya ketika android bootloop maka saat diaktifkan hanya akan menampilkan logo terus menerus dan tidak bisa aktif secara normal sehingga android kita tidak bisa digunakan. Ketika masalah ini terjadi pada android kita, saya harap tenang dan jangan gegabah.
Setiap jenis smartphone memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi bootloop karena semua sistem android berbeda. Saat mendapati masalah seperti ini, tentunya anda langsung mencari cara untuk mrngatasi bootloop, entah melalui Google Search, bertanya keteman, atau langsung membawa ke tukang servis.

Macam-Macam Bootloop

Macam-macam Bootloop ada 3 yaitu Android Light Bootloop, Medium Bootloop, dan Hard Bootloop

Android Light Bootloop

Masalah ini merupakan bootloop yang paling mudah diatasi. Penyebabnya adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstal pada android, kelamaan main game dan tiba-tiba saat restart android hanya berhenti di logo dan tidak bisa aktif secara normal.

Android Medium Bootloop

Masalah ini biasa terjadi karena pengguna meng-oprek android miliknya seperti root dengan cara yang tidak benar ataupun lainnya. Kerusakan ini masuk dalam kategori menengah.

Android Hard Bootloop

Kerusakan ini adalah tingkatan bootloop yang paling berbahaya karena pengguna meng-oprek OS (Operation System) seperti modifikasi OS, mengganti OS yang tidak sesuai (kebanyakan terjadi pada pengguna Andromax) sehingga terjadi Bootloop.

Cara Memperbaiki Android Bootloop Tanpa PC

Untuk mengatasi masalah Bootloop ada dua metode yang bisa kita lakukan yaitu dengan menggunakan PC dan tanpa PC. Pada postingan ini saya akan berbagi tentang cara mengatasi bootloop android tanpa menggunakan PC.

Hard Reset

Untuk melakukan Hard Reset cukup mudah. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Lepas Baterai dari Ponsel (keluarkan juga SIM Card dan SD Cardnya)
  2. Pasang kembali baterainya
  3. Tekan tombol Power bersamaan dengan Volume Atas (+) atau Vol bawah (-) sampai masuk ke recovery mode, seperti gambar dibawah
    Hard Reset, Factory Reset, CWM, TRWP
  4. Selanjutnya pilih wipe data/factory reset. Gunakan tombol Vol + dan - untuk memilih
    Hard Reset, Factory Reset, CWM
  5. Jika muncul konfirmasi untuk wipe data pilih saja Yes dan tunggu sampai proses selesai.
  6. Jika selesai pilih reboot system now maka ponsel anda ke restart otomatis dan langkah ini selesai.

Flashing dangan Stock ROOM Original 

Kenapa Flash Ulang ? Yah karena cara diatas tidak selamanya berhasil, jadi jika cara diatas tidak sukses maka lakukan cara yang kedua ini, yaitu dengan Flash Ulang. Caranya tidak hjauh berbeda dengan cara diatas, cuman kita membutuhkan Stock ROM dan SD Card sebagai media.

  1. Download Stock ROM sesuai tipe ponsel android anda, tipe filenya adalah .zip . Saya katakan sesuai tipe ponsel karena meskipun memiliki merek yang sama, tetapi tipenya berbeda. Silahkan cari Stock ROM tipe ponsel anda di Google, banyak kok.
  2. Kopi Stock ROM yang telah kita download kedalam SD Card, bisa menggunakan Card Reader atau nebeng Ponsel teman, jangan membuat folder pada SD Card supaya memudahkan kita mencari filenya saat proses flashing kita lakukan, kemudian pasang SD Card pada ponsel kita.
  3. Seperti cara sebelumnya, tekan tombol Power bersamaan dengan Vol (+) atau (-)
  4. Selanjutnya pilih instal zip from sd card
  5. Cari dan pilih file yang telah kita letakkan di SD Card tadi. Konfirmasi "Yes"
  6. Tunggu sampai proses selesai.
  7. Reboot System dan selesai deh.
Demikian cara mengatasi bootloop semua android. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan kembali, kami akan menjawab dengan kemampuan kami.
Semoga bermanfaat. !
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
a
February 22, 2017 at 7:57 AM ×

makasih info nya gan,kunjungi juga blog ane DISINI

http://masters-gadget.blogspot.co.id/

Selamat a dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment