Tutorial Cara Membuat Windows 7/8 Bootable USB

Apa kabar ? Saya harap anda baik-baik saja, begitupun dengan Komputer anda.
Dalam postingan ini saya ingin berbagi tips membuat Windows 7 atau Windows 8 Bootable USB, dimana dengan Bootable USB ini kita bisa meng-instal Laptop atau Komputer kita sendiri tanpa harus membawa ketukang install sehingga kita bisa menghemat biaya, apalagi untuk mahasiswa kos-kosan yang serba pas-pasan, bisa hemat biaya loh.

Alat dan Bahan

USB Flash Drive / Flash Disk

Siapakan USB Flash Drive minimal 4 Gb supaya Windows bisa masuk karena size yang dibutuhkan adalah 2 sampai 3 Gb. Untuk merek Flash Drive saya sarankan Kingstone produk lama karena keberhasilan saya jamin 99 %, tapi kalau nggak ada merek ini bisa kok menggunakan merek lain.

Universal USB Installer

Universal USB Installer adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat Bootable Linux, mulai dari Ubuntu, Debian, Back track, dan versi Linux lainnya. namun aplikasi ini juga dilengkapi fasilitas untuk membuat Bootable Windows (Kecuali Windows 10) bahkan anti virus juga bisa. UUI ini adalah aplikasi portable yang dilengkapi beberapa tools dengan desain interface yang simpel dan mudah digunakan. Link Download Universal USB Installer

File ISO Windows 7 / 8

Download : Windows 7 / 8

Langkah-langkah membuat Windows 7/8 Bootable USB

  1. Pertama tancapkan USB Flash Drive/Flash Disk keLaptop atau Komputer kita kemudian format Flash Drive kita.
  2. Selanjutnya buka aplikasi Universal USB Installer (UUI) lalu klik I Agree
  3. Kemudian cari file .iso Windows yang akan kita gunakan seperti gambar dibawah ini
  4. Selanjutnya pilih Flash Drive yang akan kita gunakan
  5. lalu klik create, maka akan tampil window baru seperti dibawah ini. Klik saja Yes
  6. Selanjutnya akan tampil lagi window baru, tunggu saja sampai proses selesai
  7. jika proses selesai dan berhasil maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Klik saja Close dan USB kita sudah siap untuk digunakan.
Saya rasa tutorial ini sampai disini saja, silahkan mencobanya sendiri. Pikirkan jika anda harus mengeluarkan biaya mahal cuma untuk instal Windows, padahal kita bisa melakukan sendiri, mana lagi biaya kos-kosan, konsumsi, sewa angkot, dll.

Jika postingan ini kurang jelas atau punya masalah dengan Windows anda silahkan berkomentar. Dan jika postingan ini membantu, mohon luangkan waktunya untuk berbagi kesahabat, keluarga anda.
Salam !
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment