Solusi Printer Epson L Series Menarik Banyak Kertas

Printer Epson L Series adalah salah satu Printer yang menjadi Primadona sekarang ini, disamping kualitas cetak yang lumayan tidak mengecewakan printer ini juga irit mengkomsumsi tinta jika kita bandingkan dengan beberapa Jenis Printer merek lain, namun pada suatu hari saya menemukan kendala, yaitu Masalah Saat Proses Pencetakan, kertas yang masuk ke dalam Printer tidak senormal biasanya, Printer kadang menarik 5 lembar sekaligus, bahkan Lebih.

Jadi bayangkan jika kita igin mencetak sebuah dokumen semisal 30 lembar, butuh berapa banyak kertas yang harus kita persiapkan untuk mencetak itu semua, dan sangat rempong kalau kita masukkan kertasnya satu persatu. Olehnya itu jika anda menemukan kendala seperti ini, sebaiknya anda sedikit meluangkan waktu anda untuk membaca tutorial ini, karena disini kita akan mencoba untuk memperbaiki Printer Epson L Seris yang menarik kertas lebih dari satu Lembar. Printer yang saya miliki adalah Epson L120, namun cara ini juga bisa digunakan pada printer Epson L Series lainnya, tentunya dengan problem yang sama.

Jika kendala trouble ini mulai muncul, anda tidak akan menemukan sebuah peringatan error, Printer dalam kondisi baik-baik saja, kita baru bisa melihat kerusakannya ketika printer melakukan pencetakan. Nah kita fokus ke pembahasan. Pertanyaan yang paling mendasar adalah, Apa Penyebabnya? Jawabannya adalah ada pada Bagian Roller Printer, sebagaimana yang kita tahu bahwa Pada Part Printer, yang memiliki peranan terpenting untuk menarik kertas untuk masuk ke dalam printer adalah bagian Roll Mekanik atau Roller.

Ada dua Roller yaitu Roller Atas dan Roller Bawah. Jika ada salah satu dari Roller ini yang tidak bekerja dengan baik, maka bisa kita jamin printer akan bermasalah dalam hal menarik kertas, baik itu Paper Jam, Menarik Kertas Banyak, atau bahkan Printer tidak bisa menarik kertas sama sekali. Nah Terkait dengan Kasus yang dibahas disini yang menjadi masalah adalah Printer Menarik Kertas Lebih dari Satu Lembar karena terdapat kerusakan pada bagian Roller Bawahnya.

Langkah-Langkah Memperbaiki Printer Epson Menarik Banyak Kertas

Cara yang terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti Roller Printer, meskipun bisa dilakukan hanya dengan cara memperbaikinya. Adapun langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatsi masalah pada printer Epson L120 yang menarik kertas lebih dari satu lembar, katakanlah banyak adalah sebagai berikut :
Baca Juga : Cara Memperbaiki Roller Epson L Series Tanpa Menggantinya 
Pastikan printer dalam keadaan off atau mati, serta arus listrik terputus.
Ambil Obeng lalu Balikkan Printer, Lalu lepas Screw, Perhatikan gambar di bawah Lokasi Screw yang di maksud
Solusi Printer Epson Menarik Banyak Kertas, cara mengganti roller, epson, l110, l120, l220, l360, l series
Lepaskan lagi bagian Tempat Penampungan tinta, caranya geser ke kanan, goyang - goyangkan lalu tarik keluar, lebih jelasnya lihat gambar di bawah
Solusi Printer Epson Menarik Banyak Kertas, cara mengganti roller, epson, l110, l120, l220, l360, l series
Sampai disini anda sudah berhasil memasuki tahap awal, tahap selanjutnya adalah ke bagian inti, atau Proses Penggantian Roller, caranya lepas terlebih dahulu pernya, tarik keatas (pelan-pelan jangan sampai kendor) lihat gambar (Kotak berwarna orange adalah Roller yang akan kita ganti)
Solusi Printer Epson Menarik Banyak Kertas, cara mengganti roller, epson, l110, l120, l220, l360, l series
Jika per penahan Roller sudah dilepas, selanjutnya tarik bagian roller, biasanya agak keras jadi tarik saja jangan ragu sampai Roller lepas dari dudukan. Berikut penampakan rollernya
Solusi Printer Epson Menarik Banyak Kertas, cara mengganti roller, epson, l110, l120, l220, l360, l series

Setelah saya cek ternyata lilitan kawat dalam roller yang berfungsi untuk mengatur tarikan kertas sudah patah, jadi saya ganti meskipun bisa diperbaiki. Cara memperbaikinya baca DISINI
Solusi Printer Epson Menarik Banyak Kertas, cara mengganti roller, epson, l110, l120, l220, l360, l series

Sampai disini kita sudah berhasil melepas Roller Bawah pada Printer Epson L120 yang rusak. Selanjutnya pasang Roller yang telah dipersiapkan, caranya sama seperti saat kita melepasnya tadi. Nah kalau anda sudah mengganti roller tersebut dengan yang baru, silahkan anda coba lakukan tes uji cetak, masukkan beberapa lembar ke dalam rear Tray lalu coba print beberapa dokument.

Selamat Printer anda telah berhasil anda perbaiki sendiri, Printer sudah tidak menarik kertas banyak lagi.  Silahkan meninggalkan Pertanyaan Jika ada yang kurang jelas , sekian dulu tutorial sederhana kali ini, akhir kata Good Luck.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment