Cara Memperbaiki Roller Printer Epson L120 L220 L360

Printer Epson L Series adalah salah satu Printer yang menjadi Primadona sekarang ini, disamping kualitas cetak yang lumayan tidak mengecewakan printer ini juga irit mengkomsumsi tinta jika kita bandingkan dengan beberapa Jenis Printer merek lain, namun tidak ada yang bisa menjamin bahwa printer dengan merek apa saja akan bertahan selamanya, bisa saja suatu hari printer akan rusak karena memang pemakaian yang sudah lama atau karena pemakaian yang setiap hari mencetak kertas dalam jumlah banyak seperti mencetak undangan, sertifikat, skripsi dan cetakan lainnya.

Nah pada artikel ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan yang saya dapatkan dari pengalaman yaitu tentang cara memperbaiki Roller Printer Epson yang rusak. Mungkin ada yang bertanya apa yang akan terjadi jika Roller Printer Epson Rusak? Jawabannya adalah printer tidak akan bekerja dengan baik pada saat pencetakan, entah itu menimbulkan masalah paper jam, atau menarik kertas lebih dari satu lembar bahkan lebih. bayangkan jika kita igin mencetak sebuah dokumen semisal 30 lembar, butuh berapa banyak kertas yang harus kita persiapkan untuk mencetak itu semua, dan sangat rempong kalau kita masukkan kertasnya satu persatu. Printer yang saya miliki adalah Epson L120, namun cara ini juga bisa digunakan pada printer Epson L Series lainnya, tentunya dengan problem yang sama.

Bagaimana Cara Memperbaiki Roller yang Rusak?

Sebelumnya saya telah membahas tentang cara mengganti Roller yang Rusak, namun bagaimana jika pada saat itu juga kita sangat membutuhkan printer yang normal namun kita belum membeli Roller yang baru karena jarak untuk membeli roller cukup jauh? Sebaiknya luangkan waktu anda untuk membaca artikel ini, dan langsung saja kita lakukan perbaikan Roller
  • Lepas Roller dari dudukannya, caranya baca DISINI
  • Jika Roller sudah terlepas dari dudukannya, sekarang kita lepas karet yang ada pada Rollernya. Caranya yah cukup lepas aja. heheh
  • Perhatikan lilitan kawat yang ada pada bagian dalam Roller, jika lilitannya patah berarti itulah kerusakannya, tetapi lilitannya baik-baik saja berarti masalahnya ada pada karetnya (disarankan mengganti). Berikut ini adalah gambar lilitan yang rusak atau patah

Cara Memperbaiki Roller Printer Epson L120 L220 L360
Roller yang Rusak
  • Terlihat jelas pada gambar bahwa lilitannya rusak atau patah, sebenarnya disitu ada lekukan kawat pada ujung lilitan, bagaimana cara memperbaikinya? Yuk melangkah ke step selanjutnya
  • Ambil tang lalu buatlah lekukan pada ujung lilitan kawat tersebut, caranya buka sedikit ujung lilitan menggunakan tang lalu lekukkan sekitar 5 mm.
  • Pasang kembali bagian-bagian roller, seperti gambar berikut 

Cara Memperbaiki Roller Printer Epson L120 L220 L360
Roller yang telah diperbaiki
Lalu apakah setelah kita perbaiki kerusakan pada Roller ini maka printer akan bekerja dengan baik? Jawabannya tentu saja iya, karena saya telah melakukan cara ini berkali-kali tentunya pada printer merek Epson L Series dan cara yang kita lakukan benar.

Sampai disini kita sudah berhasil melepas Roller Bawah pada Printer Epson L120 yang rusak. Selanjutnya pasang Roller yang telah dipersiapkan, caranya sama seperti saat kita melepasnya tadi. Nah kalau anda sudah mengganti roller tersebut dengan yang baru, silahkan anda coba lakukan tes uji cetak, masukkan beberapa lembar ke dalam rear Tray lalu coba print beberapa dokument.

Selamat Printer anda telah berhasil anda perbaiki sendiri, Printer sudah bekerja dengan normal kembali. Silahkan meninggalkan Pertanyaan Jika ada yang kurang jelas , sekian dulu tutorial sederhana kali ini, akhir kata Good Luck.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment