Psikologi Warna Dalam Desain Grafis

Colors, Warna, Psikologi Warna
Assalamualikum wr. wb. Apa kabar para desainer Indonesia ? saya harap semua baik-baik saja. Amiin... !
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit tips untuk para desainer khususnya desain grafis dalam memilih warna yang serasi, sesuai, cocok, dan pas buat desain kita, karena sebuah hasil karya desain yang bagus tentunya punya kesesuaian antara konsep, objek, dan warna yang digunakan. Saya bukan ahli psikologis tapi ilmu ini saya dapatkan dari pengalaman. Untuk itu tidak usah berlama-lama ya guys, langsung saja beberapa makna dari warna dasar sebagai referensi untuk desain kita yang lebih baik dan berkualitas.

Psikologi Warna Dalam Dunia Desain Grafis

1. Hijau
Hijau adalah warna yang natural karena biasanya dikaitkan dengan alam dan lingkungan. Didalam dasin, kita bisa menggunakan warna hijau untuk untuk memberikan kesar segar dan damai. Contoh : Ketika kita membuat sebuah desain spanduk dengan tema "Sebatang Pohon untuk 100 tahun" karena pohon identik dengan penghijauan atau biasa kita kenal dengan GO Green!
2. Biru
Warna adalah salah satu warna kesukaan cowok cowk / pria karena termasuk warna yang cool / dingin. Dalam dunia desain, biru sering digunakan oleh sebagian besar perusahaan karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat individual. Contoh : Logo dengan warna untama biru.
3. Putih
Jika anda orang Indonesia tentunya tahu makna dari warna putih, yah warna putih identik dengan suci / murni, tak ada campuran apapun. itulah sebabnya warna putih dianggap warna yang suci, murni, dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simpel dan minimalis, warna putih adalah warna yang tepat.
4. Hitam
Hitam identik dengan kegelapan, suram, dan menakutkan. Tapi kelebihan warna hitam adalah "Elegan" karena elemen warna apapun yang ditaruh diatas background hitam akan terlihat lebih bagus.
5. Merah
Merah adalah warna yang kuat. Warna ini biasanya digunakan untuk memberikan efek berani, panas, marah, namun jangan salah kebanyakan wanita suka dengan warna merah (pengalaman pribadi saya)
6. Pink / Merah Muda
Warna Pink adalah warna yang feminim, ramantis, bersifat lebih pada karakter wanita. Dalam desain saat ini menggunakan warna pink tidak pasti berurusan dengan kewanitaan, karena merah muda dalam percetakan dan desain sangat dekat dengan warna Magenta, yaitu salah satu warna dasar tinta printer.
7. Orange




Orange adalah hasil perpaduan merah dan kuning, sehingga efek yang dihasilkan masih tetap sama yaitu kuat dan hangat, maksudnya adalah memberikan kesan penasaran pada orang yang melihat warna ini sehingga warna ini sering digunakan pada tombol website seperti 'visit', 'buy now', 'register', dan tombol lainnya yang setara dengan itu. Istilahnya dalam dunia website adalah call to action. Dari sisi psikologisnya warna orange sebenarnya memberikan kesan tidak nyaman, sedikit gaduh sehingga warna ini lebih sering dugunakan untuk menarik perhatian. Saya membuktikan warna ini dalam tutorial saya di youtube dengan menggunakan warna dominan orange dan hasilnya memang joss.
8. Kuning
Kuning adalah warna yang terang, ceria, dan menyenangkan, cukup santai, itulah sebabnya mainan anak-anak seperti cube didominasi oleh warna kuning. Kesan yang ditimbulkan tidak jauh berbeda dengan warna orange yaitu menarik perhatian.
9. Ungu
Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dari kebijaksanaan. Ungu adalah warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan memberikan warna ungu dalam desain akan memberikan kesan unik. Namun kelemahan warna ungu adalah susah dipadukan dengan warna lain, dubutuhkan pemikiran ekstra untuk memadukan warna ini dengan warna lain.
10. Coklat
Coklat adalah warna  dominan dari tanah (bumi) yang memberikan kesan hangat, nyaman, nikamat, dan aman. Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan 'Mahal' karena dekat dengan warna emas. Bisa dibayangkan kesan 'mahal' desain dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda. Warna ini dapat diandalkan.
Saya rasa dengna beberapa penjelasan makna / psikologis warna dalam desain grafis bisa menjadi referensi dalam membuat desain sehingga hasil desain maksimal dan tentunya elegan. Kombinasi warna yang tepat dapat memberikan karakter desain. Warna juga bisa digunakan untuk mendapatkan perhatian orang yang melihat desain kita dan pada akhirnya mengerti pesan yang kita sampaikan melalui visual.
Salam !


Previous
Next Post »
Thanks for your comment