Antivirus Android | Pentingkah ?

Tentang Android

Android
Android adalah sebuah nama untuk sistem operasi gadget seperti tablet, smartphone, dan telephone celluler. Sistem Operasi ini dikembangkan oleh Google dengan basis Linux, yaitu dari keluarga Unix-like dengan kernel Monolitik (modifikasi kernel Linux).
Seperti halnya dengan sistem operasi lainnya, Android juga memiliki banyak versi seperti Android Jelly Bean, Android Ice Cream Sandwich, Android Honeycomb, Android Gingerbread, Android Frozen Yogurt / Froyo, Android Eclair, Android Kitkat, dan sekarang ini dengna Versi terakhir yaitu Android Lollipop. Lalu pada judul postingan ini terdapat pertanyaan "Pentingkah ?" Maksud saya adalah apakah kita harus memasang Antivirus pada Android kita ? Apakah Android kita benar-benar butuh anti virus ?

Pentingkah Anti Virus untuk Android ?

Saya akan menjawab pertanyaan ini sesuai dengan pengalaman saya tentang android. Seperti telah saya jelaskan bahwa Android adalah keluarga unix-like maka saya sarankan kepada anda pengguna android sebaiknya TIDAK USAH memasang anti virus pada android kalian, kenapa ? Karena basis dari linux dan kita tahu sendiri bahwa sistem operasi linux adalah sistem operasi yang tahan terhadap virus, bahkan butuh waktu yang sangat lama untuk virus masuk ke sistem Linux dengan persentase serangan cuma 3 %, Macintosh 1%, selebihnya 96% virus menyerang Windows.
Bukan berarti saya melarang anda untuk memasang anti virus pada android anda, tetapi saya cuma menyarankan sebaiknya jangan memasang anti virus, karena semakin banyak aplikasi yang kita pasang di android kita maka penggunaan memory akan bertamabh, memory yang saya maksud bukan memory penyimpanan SD Card tapi maksud saya adalah RAM, dimana RAM ini memiliki peranan yang besar atas kinerja Smartphone kita, penggunaan RAM yang tinggi akan mengurangi kinerja smartphone atau biasa kita sebut lemot.
Saya pengguna android dari tahun 2012 dan sekalipun saya tidak pernah memasang antivirus pada android saya dan terbukti meskipun spesifikasi smartphone yang saya gunakan masih sangat rendah tetapi saya puas dengan kinerja smartphone saya. Kadang beberapa orang teman mengunjungi saya untuk minta smartphonenya di Flashing karena lemot, saya cek ternyata aplikasi yang terlalu banyak, antivirus lebih dari dua.
Sekian postingan saya kali ini, saya rasa bisa anda pertimbangkan sendiri apakah anda harus memasang antivirus pada smartphone anda atau tidak usah ? Pendapat dan pengalaman setiap orang pasti berbeda, dan postingan iniadalah pengalaman saya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment