Teknik SEO Youtube Dari A Sampai Z

Teknik SEO Youtube, SEO, youtube, search engine, optimasi, seo on pageHalo sobat Youtubers ! Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya di dunia Youtube mulai dari awal sampai tuntas ditambah dengan referensi dari artikel lainnya. Meskipun saya bukan ahli mengenai hal ini tapi setidaknya saya bisa hidup dan memenui kebutuhan saya dengan penghasilan dari Adsense Youtube. Artikel ini akan cukup panjang karena saya akan berbagi pengalaman dan cara saya mengelola channel YT yang saya miliki mulai dari dasar sampai bisa gajian. Jika anda mau sukses maka rajin-rajinlah membaca meskipun bukan dari blog ini. Maka dari itu bacalah setiap paragraf dan pembahasan dalam artikel ini.
Tentunya anda yang membaca artikel ini mau sekses seperti master-master yang telah rutin gajian setiap bulannya dengan penghasilan ribuan $. Bahkan banyak orang yang tidak punya pekerjaan lain selain menekuni periklanan AdSense melalui Yt. Jika anda punya mimpi sukses dalam dunia youtube maka saya katakan anda punya satu dasar yang kuat. Orang-orang yang telah sukses pastinya berawal dari nol, dari tidak ada view sampai berjuta-juta view dan subcriber di channel mereka, toh kita sama-sama manusia, kita sama-sama punya pemikiran, mereka bisa kita juga bisa, meski takaran rejeki setiap orang berbeda namun itu sesuai dengan usaha yang mereka lakukan.

Apa itu SEO (Search Engine Optimization) ?

SEO adalah teknik yang dilakukan untuk memaksimalkan nilai relevan dari pengunjung aitus baik itu website, blog, ataupun saluran youtube melalui penelusuran Google. SEO dilakukan secara sistematis, artinya tahap dari SEO harus terstruktur mulai dari analisa, implementasi, dan laporan kinerja / hasil. Secara umum ada tiga teknik SEO yang sering dilakukan yaitu Blackhat SEO, Whitehat SEO, Greyhat SEO. Blackhat SEO merupakan teknik berbahaya yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat pencarian pada mesin pencari. Whitehat SEO adalah teknik SEO natural, sesuai aturan, serta keamanan lebih terjamin. Sedangkan Greyhat SEO adalah perpaduan dari kedua teknik sebelumnya.

Tips Sukses Publisher Youtube

Sebelum memluai membuat channel tentunya kita harus punya dasar yang kuat seperti halnya ketika kita membangun sebuah rumah, bahkan gedung yang tinggi tentunya harus punya pondasi yang kuat. Namun sebelum lebih jauh membaca, saya pesankan bahwa dalam artikel ini tidak akan dibahas tentang teknik reupload karena saya tidak menyarankan hal itu, lebih baik anda membuat video mesum bersama kekasih anda daripada mengambil hak orang lain alias reupload. Adapun dasar-dasar untuk menjadi Youtubers yang sukses adalah sebagai berikut :

Patuhi Kebijakan Program AdSense

Sebelum memulai membangun channel, tentunya kita harus mematuhi aturan yang dibuat oleh Google. Seperti halnya dalam kehidupan nyata yang kita jalani sehari-hari tentunya ada aturan norma beragama, bersosial, aturan lalu lintas, dan aturan lainnya. Jika kita mematuhi aturan pastinya kita aman dari masalah.
Untuk lebih jelasnya baca : Kebijakan Program AdSense dari situs resmi Google

Siapkan Mental dan Fisik

Dalam perjalanan menuju kesuksesan tentunya banyak liku-liku serta tantangan yang kita lalui, karena didunia inipun cuma Indomie yang Instant, itupun harus berusaha untuk memasaknya. Begitupun dengan AdSense Youtube dengan pesaing yang sangat banyak disemua penjuru dunia dengan teknik yang dahsyat mereka, namun itu bukan halangan karena sekali lagi saya katakan kita adalah sama-sama manusia.
Maka dari itu siapkan fisik dan mental anda, pada awalnya mental untuk menghadapi tantangan dengan ditambah lagi aturan dari google yang banyak, salah sedikit bisa ditendang. Namun pada akhirnya siapkan fisik dan mental anda untuk melihat ribuan $ masuk ke AdSense anda. Amiinn ..!

Buatlah Konten sesuai dengan Hobi

Kenapa ? Karena jika berbicara dengan hobi tentunya anda pasti tahu dan paham tentang hobi anda, karena pada saat mengunggah video ke Youtube disinilah pemahaman dari hobi kita akan berguna. Misalnya anda suka dengan musik maka buatlah video anda mungkin dengan bermain gitar dan bernyanyi, membuat cover, membuat tutorial melody dan hal yang berhubungan dengan musik, seperti misalnya anda datang menyaksikan konser dari band favorit anda bisa siaran langsung (Live Streaming).
Jika anda adalah kategori orang yang lucu alias humoris maka buatlah video dengan kategori lucu, karena kategori ini adalah kategori yang sangat banyak dicari orang meski untuk sekedar hiburan. Toh jika anda benar-benar kreatife bisa jadi anda menajdi pesaing dari Raditya Dika, Edo Zell, dan kawan yang lainnya.

Fokus Pada 1 Topik

Sebenarnya hal ini tidak wajib namun alangkah lebih bagusnya jika channel kita memiliki arah dan tujuan yang jelas dengan mengandalkan 1 topik seperti Hiburan, Game, Musik, Komputer, ataupun topik lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengambil hati pelanggan atau subcriber anda. Berdasarkan pengalaman saya ketika saya tidak update channel saya selama kurang lebih 3 minggu banyak komentar yang minta video terbaru, dan channel saya ini adalah channel yang fokus pada 1 topik.

Kontinuitas

Kontinuitas atau berkesinambungan, berlanjut seperti halnya drama korea atau film big movie yang memiliki beberapa Bagian dan episode sehingga pelanggan anda puas dengan konten dan channel anda. Pelanggan puas menikmati video kita, dan sebaliknya kita puas dengan hasil yang diterima melalui AdSense. Misalnya kita membuat konten dengan judul 'Cara Instal Microsoft Office' maka pada konten selanjutnya mungkin bisa ditambahkan 'Cara Mengetik Di Microsoft Office Word' silahkan berkreasi sesuai imaginasi anda.

Buat Kontent Original

Salah satu faktor yang mempengaruhi suksesnya channel kita adalah original karena sekarang ini adalah era copyright / hak cipta, tentunya Google memiliki teknologi entah itu robot atau mesin apalah yang jelah sangat canggih yang bisa mendeteksi konten yang benar-benar asli. Yah meskipun banyak kalangan re-Uploader yang lolos-lolos saja tentunya tidak menutup kemungkinan akan di flag, di strike, bahkan tebas channel. Sangat disayngkan jika kita sudah susah payah membuat konten, mengedit konten, belum lagi kuota modem atau pembayaran wifi setiap bulan untuk mengunggah video dengan hasil akhir yang mengecewakan.
Banyak yang bertanya kurang lebih seperti ini 'ini kok nggak bisa dimonetize ?' 'Kenapa channel saya disuspend?' pertanyaan saya adalah bagaimana kualitas video anda ? Bagaimana keaslian video anda ? Ingat : "Sering re-Upload akan merusak reputasi akun, membuat mental jadi down, depresi, bingung sendiri, dan pemilik akan bingung sendiri".

Hindari Komentar Spam

Jika anda pernah membaca tentang teknik menambah view atau pengunjung pada blog yang menyarankan untuk berkomentar dengan menambah link menuju konten anda maka cara ini sekarang tidak berlaku dalam arti cara ini adalah cara lama yang memang pada saat sebelum Google mengeluarkan kebijakan baru cara ini sangat ampuh. Namun untuk sekarang ini jangan sekali-kali mencoba, karena saya pernah merasakan hal ini dan sayapun mendapat teguran dari Google.
Silhkan berkomentar dalam konten milik orang lain dengan catatan jangan menambahkan link apapun itu, karena sekarng ini semua link yang ada dikomentar adalah spam. Jangankan link, seseorang pernah berkomentar dikonten saya dengan komentar kurang lebih seperti ini "nice xxxxx" dan masuk dalam pemberitahuan saya bahwa ada 1 komentar yang kemungkinan spam. Untuk itu hindari cara ini, silahkan berkomentar dengan gaya anda yang dapat menarik perhatian pengunjung lain untuk visit di channel anda.

Hindari klik Iklan Sendiri

Hal ini pernah saya rasakan diawal saya mengenal youtube, dengan maksud untuk memperbanyak klik iklan namun maksud saya ini malah menjadi pelanggaran yang mengakibatkan channel saya seluruhnya dismonetise selama kurang lebih 1 bulan.
Jika hal ini terjadi pada anda saya sarankan jangan gegabah, tetapi buatlah banding ke Google dengan mengirimkan email berupa penjelasan anda, dan lebih bagusnya dalam bahasa Inggris, setelah itu hentikan aktifitas sampai channel anda pulih kembali.

Perbanyak Do'a

Jika semua usaha telah kita lakukan namun belum juga bisa gajian maka kembalikan pada diri kita, apakah kita sudah berdo'a ? kehidupan ini sudah diatur oleh sang pencipta dengan kekuasaan yang sangat besar. Pengalaman saat saya request PIN Verifikasi sampai 3 bulan nggak sampai dan pada suatu hari saya bangun tidur agak kesiangan sekitar jam 11.00 kemudian saya mandi membersihkan diri lalu melaksanakan shalat Dzuhur dan meminta kepada Tuhan untuk memudahkan jalan saya di AdSense dan setelah itu saya merasa ada dorongan dalam hati untuk mencoba cek langsung dikantor pos dan akhirnya saya menerima surat cinta dari Google (PIN).
Dari situlah saya yakin akan kekuasaan Tuhan dalam mengatur segalanya, maka perbaiki iman kita, perbaiki keyakinan kita. Sebesar apapun usaha kita, namun tanpa dibarengi dengan do'a semuanya akan sia-sia.
Dengan dasar yang telah saya bahas diatas saya rasa sudah cukup untuk memulai membangun channel kita, dan saya jamin untuk keamanan channel kita sehingga reputasi channel tetap baik sampai Google percaya sepenuhnya kepada kita. Selanjutnya kita akan belajar teknik Search Engine Optimization (SEO) berikut ini.

Teknik SEO Youtube

Pada pembahasan ini saya sarankan untuk memahami setiap poin pembahasan, untuk itu sebelum lanjut maka tekan Ctrl+D pada keyboard anda terlebih dahulu.
Semua orang yang telah sukses di Youtube tentunya punya cara masing-masing mulai dari cara upload video sampai dipublikasikan, bukan sekedar Upload-Publish saja. Untuk itu saya akan berbagi pengalaman saya dalam mengembangkan channel yang saya miliki. Tapi sebelumnya bisa lihat screenshoot dari pembayaran adsense saya dibawah ini
Pay Out, Pay Out Adsense
Jangan Mudah Percaya ScreenShoot

Cara Riset Keywoard / Kata Kunci

Keywoard / kata kunci adalah faktor pertama sebagai penunjang agar video kita bisa bersaing dikotak pencarian. Jika anda adalah publisher adsense baik itu melalui youtube maupun blog maka anda wajib melakukan riset keyword.
Keywoard yang baik dimata google adalah keyword yang singkat dan jelas namun memenuhi kriteria dan kesesuaian dengan video anda, setiap kewoard memiliki harga bayaran yang berbeda namun saya tidak membahas dalam postingan ini, tapi mungkin pada postingan selanjutnya. Harga bayaran keywoard bergantung pada seberapa besar orang membutuhkan keywoard itu seperti misalnya kesehatan, dimana kesehatan adalah kebutuhan pokok dan hal yang wajib dimiliki setiap individu sehingga bayaran untuk keywoard ini sangat tinggi dan bersaing diangka 20 besar keywoard termahal. Lalu bagimana cara riset keywoard yang baik ? Berikut caranya :
  1. Sign In ke akun Adwords. Jika belum punya silahkan daftar di Adwords
  2. Setelah masuk di Adwords selanjutnya pilih tool / alat pada menu yang tersedia kemudian pilih Perencana Kata Kunci.
  3. Selanjutnya pilih kata kunci baru dan ketikkan pada kolom yang tersedia. Untuk setalan lainnya biarkan default saja jika kita tidak menentukan target lain seperti negara, bahasa, dan yang lainnya lalu pada bagian bawah klik Dapatkan Ide
  4. Selanjutnya akan tampil persentase dari kata kunci yang kita rencanakan. Pilihlah yang sesuai dengan judul video kita dengan pencarian diatas 300 perbulan dan dengan persaingan rendah supaya video kita tampil dihalaman pertama dan tidak menutup kemungkinan di ranking 1.
Lebih jelasnya baca : Cara riset Keyword dengan Adwords
Tips tambahan dalam menentukan keyword :
  • Buatlah kata kunci yang singkat
  • Gunakan LSI
  • Buatlah kata kunci menarik

Cara Upload Video

Jika anda berpendapat bahwa upload video tidak punya teknik atau sebatas upload-publish maka anda salah besar, karena sebagian besar video yang tampil pada halaman pertama, baik itu pencarian youtube maupun pencarian umum google dipengaruhi oleh cara upload. Adapun cara yang saya terapkan untuk mengunggah video dan hasilnya memang luar biasa adalah sebagai berikut :
  1. Upload Video ke Google Plus.
  2. Kenapa harus ke google plus ? bukannya tujuan  kita adalah untuk youtube ? Karena dengan mengunggah ke google plus terlebih dahulu akan memudahkan mesin pencari untuk menemukan video kita karena google mengambil index pertama melalui google plus. lalu bagaimana cara mengunggah ke youtube ? baca poin nomor 2
  3. Import Video dari Google+ ke Youtube
  4. Selanjutnya buka jendela untuk Upload video ke Youtube lalu pada samping kanan cari fasilitas impor, selanjutnya akan tampil jendela baru yang berisi video yang telah kita unggah ke Google Plus. Pilih video kemudian import.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat video : Cara Upload Video ke Youtube

Cara Memasang Tag

Tag merupakan faktor penunjang selain keyword, antara tag dengan keyword tentunya tidaklah sama. Jika video kita memiliki tag yang sama dengan video populer yang sedang diputar maka tidak menutup kemungkinan video kita akan tampil dideretan sebelah kanan. Secara default saat kita upload video ke youtube akan ditampilkan saran tag yang sesuai dengan video kita namun itu tidak menjamin video kita berada dihalaman pertama. Untuk itu berikut ini adalah cara memasang tag pada video
  1. Pada kotak pencarian browser anda ketikkan 'Tag Generator' (tanpa tanda petik) maka akan muncul beberapa situs penyedia tag generator.
  2. Pilihlah urutan teratas atau klik : BetterWayToWeb
  3. Selanjutnya masukkan keyword atau URL video kemudian klik Find Tags
  4. Akan tampil beberapa tags yang sesuai dengan video kita.
  5. Silahkan kopi ke notepad lalu ketikkan pada tag video youtube kita (Jangan langsung paste ke tag youtube)
  6. Selesai untuk tags
Tips : Tidak semua tags yang ditampilkan akan sesuai dengan video kita seperti ketika menampilkan tags dengan nama orang, silahkan pilih tags yang benar-benar sesuai dengan video

Buatlah Playlist / Daftar Putar 

Playlist mempunyai manfaat yang sangat besar, ketika video kita diputar maka deretan antrian disebelah kanan sebagian besar akan didominasi oleh video kita. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan view setiap video kita.

Gunakan Fasilitas yang disediakan Youtube 

Youtube menyediakan beberapa fasilitas penunjang perkembangan channel seperti anotasi, card / kartu, dan close caption. Silahkan gunakan semua fasilitas ini dengan baik. Namun sebaiknya penggunaaan anotasi sebaiknya diwakili oleh kartu karena dengan alasan tampilan yang lebih menarik, responsif, dan efektif. Selain itu kartu adalah pengembangan dari anotasi, dimana anotasi adalah fasilitas lama.
Untuk mengaktifkan fasilitas kartu berikut caranya :
  1. Mauk ke Creator Studio
  2. Pilih video dimana anda ingin menambahkan kartu
  3. Pada pilihan pengeditan silahkan pilih kartu
  4. Akan muncul window untuk mengedit kartu dan anda bisa menambahkan kartu pada bagian tertentu video, kita juga bisa meimilih jenis kartu yang kita inginkan seperti link ke video, ke saluran, atau pilihan lainnya.
Jangan membuat kartu terlalu banyak dalam 1 video karena bisa membuat penonton jenuh dan akhirnya menutup video, sebaiknya letakkan kartu pada bagian akhir video

Sharing / Berbagi Ke Sosial Media 

Sosial media adalah salah satu penunjang untuk meningkatkan view video kita, dalam hal ini adalah spam yang dibenarkan bukan spam komentar. Kita bisa membuat sebuah fanspage dimana kita akan membagikan video kita kemudian mengundang teman untuk menyukai FP kita serta meminta kepada teman untuk mengundang temannya. Hal ini saya lakukan dan hasilnya efektif, bahkan penayangan video sampai mendunia seperti Amerika Serikat, Afrika, Beazil, Pakistan, dan negara lainnya.
Untuk itu silahkan gunakan kreatifitas anda untuk menggunakan sosial media bukan hanya untuk pamer foto, status tidak jelas, chating yang tidak berguna. Tetapi gunakanlah sosial media untuk mendapat penghasilan.
Saya rasa inilah tips dan teknik sederhana dari saya, semoga bisa bermanfaat dan memberikan hasil maksimal bagi kita semua. Salam $ukse$ !
Previous
Next Post »
Thanks for your comment